GuidePedia

0
Kajian Parenting RKI Batam Kota di Perumahan Taman Raya

Remaja adalah seseorang yang berada dalam masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014, remaja merupakan penduduk yang berusia 10-18 tahun. 

Di masa tersebut remaja mengalami perubahan yang berkaitan dengan biologis, psikologis, dan sosial. Seiring perubahan tersebut, remaja kerap mengalami permasalahan yang beragam.

Praktisi pendidikan di Kota Batam Ummi Nani membahas permasalahan remaja dan kiat mengatasinya pada Kajian Parenting Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Batam Kota pada tanggal 31 Juli 2022 lalu dalam pertemuan Dasawisma Perumahan Taman Raya, Batam Kota.

Masalah remaja yang biasanya dialami adalah masalah penampilan yang berkaitan dengan perubahan fisik dan keringat yang berlebih sehingga berpengaruh pada bau badan, masalah akademis, stres dan depresi, dan masalah dengan orang terdekat serta masalah asmara. Permasalahan lain juga kadang muncul seperti minuman keras, merokok dan obat-obatan terlarang, dan kecanduan gawai. 

Untuk mengantisipasi adanya klimaks permasalahan remaja, orang tua perlu melakukan beberapa sikap dan kiat. Untuk itu Ummi Nani memberikan beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan orang tua.

Pertama, memastikan anak tahu bahwa orang tuanya mencintai. Orang tua dapat menjadi teman dekat dan memahami jiwa mereka. 

Kedua, membuat kesepakatan peraturan dan konsekuensi antara anak dengan orang tua. Ketika anak melakukan kesalahan, dihadapi dengan sabar dan tidak serta-merta dihakimi.

Ketiga, menjadi teman mengobrol yang asyik dan nyaman agar mereka merasa bebas dan mau menceritakan apa yang dialami.

Keempat, orang tua menjadi panutan dengan memberi contoh yang baik.

Kelima, mengajarkan akan tanggungjawab dan kemandirian, tetap mendampingi saat mereka membutuhkan.

Keenam, menyepakati pengaturan pengunaan gawai. Anak-anak dan remaja bisa diarahkan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan secara daring.

Ketujuh, menciptakan lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang agar remaja menjadi nyaman dan bahagia.

Posting Komentar

 
Top