GuidePedia

0
Presiden PKS Akhmad Syaikhu (PKS Foto)

Ahmad Syaikhu (Presiden PKS)

Kamis (7/7/2022) sore, saya kedatangan tamu dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepulauan Riau (Kepri). Dipimpin langsung oleh Wakil Ketua HNSI Kepri, Bapak Eko Fitriandi. Mereka saya terima di Kantor DPP PKS Jakarta.

Menerima kunjungan mereka menjadi kebahagiaan sendiri. Semoga pertemuan ini dapat menjalin silaturrahim yang lebih kuat dan sinergi untuk kebaikan bangsa.

PKS senantiasa memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan buruh, petani, termasuk nelayan. Salah satu bentuk keseriusan tersebut PKS memiliki bidang yang fokus pada buruh, petani, dan nelayan.

Nelayan merupakan profesi yang sangat penting saat ini, dimana kebutuhan akan pangan bergizi (ikan) sangat penting menjaga keberlangsungan hidup manusia. Untuk itu, profesi nelayan harus terus dijaga dan ditingkatkan kemampuannya dengan teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang.

Laut adalah anugerah Allah Swt, kita tidak perlu memberi makan ikan, mereka berkembang biak dengan sendirinya, kita tinggal menangkap dan mengkonsumsinya. Maka kelestariannya juga perlu dijaga, karena laut adalah masa depan bagi manusia. Bila di darat bahan pangan berkurang, maka laut akan jadi tumpuan. Karena itu, beberapa negara berjuang merebut dan menjaga batas wilayah, pulau dan laut, karena suatu saat laut akan memiliki peran strategis.

Saat ini kita menghadapi persoalan kelautan berupa pencemaran limbah plastik dan perusakan ekosistem laut. Banyak terumbu karang kita yang rusak, air laut tercemar oleh limbah. Tanggung jawab bagi semua pihak, baik negara maupun kita semua, khususnya bagi para nelayan agar bersama-sama kita jaga laut kita agar tetap lestari. Lestari lautnya, tumpah ruah ikannya.

Kehidupan nelayan tentu saja harus sejahtera. Namun berbagai masalah yang dihadapi para nelayan masih kita temui. Misalnya, terkait dengan lemahnya perlindungan, penyimpanan dan pengelolaan hasil tangkapan yang memadai, maupun pemasaran. Padahal sektor kelautan/perikanan menjadi salah satu pilar penting yang berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Tiga perempat luas wilayah Indonesia adalah perairan, menunjukkan potensi kelautan dan perikanan kita sangat besar.

PKS senantiasa hadir untuk turut andil dalam memajukan para petani, peternak, dan nelayan di Indonesia. Diantaranya beberapa waktu lalu diselenggarakan Sekolah Petani Peternak dan Nelayan (ST2N), diinisiasi sebagai sarana pendidikan dan pelatihan bagi para petani, peternak, dan nelayan agar semakin berdaya dan berdikari. Sekolah Ternak diharapkan mampu menjadi faktor pengungkit dan laboratorium kebangkitan ekonomi nasional.

Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Saya persilakan untuk kembali hadir dan menyampaikan aspirasi kepada PKS. Saya menegaskan sebagai Rumah Besar bagi seluruh Rakyat Indonesia, termasuk bagi para nelayan.

Tinggi menjulang pohon Akasia
Hinggap di ranting burung dara
Doakan PKS memimpin Indonesia
InsyaAllah nelayan akan sejahtera

Posting Komentar

 
Top