GuidePedia

0

Macaroni schotel merupakan salah satu makanan yang diadopsi dari wilayah Eropa yang bisa disajikan untuk sarapan, makan malam, atau sebagai kudapan. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat anak-anak menyukainya.  

Pembuatan macaroni schotel mudah dan sederhana, tidaklah sulit. Biasanya dibuat dari pasta; keju; susu; daging atau sosis atau ikan tuna; telur, bawang bombay, jamur, dan terkadang kentang.

Pada Rabu, 27 Juli 2022, Ketua Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Batam Kota Indri Yusliana mengajarkan bagaimana membuat macaroni schotel dalam kelas online membuat kue.

Seperti apa resepnya? Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:
- 500 gram pasta makaroni
- 1 liter susu cair
- 10 butir telur
- 80 gram keju parut
- 2 buah bawang bombay ukuran sedang, dicincang
- 5 - 8 siung bawang putih, dicincang
- 300 gram daging sapi giling (bisa diganti ayam atau ikan tuna)
- ½ sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- ½ sdt gula pasir
- sedikit penyedap rasa jika suka

Cara membuatnya adalah:
1. Rebus pasta makaroni sampai setengah matang kemudian tiriskan. 
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang sampai harum, masukan daging giling, aduk dan campur merata, kemudian masukkan susu cair.
3. Setelah susu mendidih, masukan pasta makaroni, merica, keju parut, gula, garam dan ditambahkan penyedap rasa. Aduk rata, setelah tercampur matikan kompor dan diamkan sebentar. 
4. Pecahkan semua telur lalu kocok dan masukkan ke dalam adonan makaroni.
5. Tuangkan adonan ke dalam wadah tahan panas dan masukan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sampai mencapai suhu 200⁰ celcius, panggang sampai berubah warna, kurang lebih 30 menit. 
6. Angkat, dinginkan, dan siap dihidangkan bersama keluarga. 

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Yuk, ikuti terus kelas online membuat kue bersama RKI Batam Kota melalui grup WhatsApp setiap Rabu pekan kedua dan keempat dengan berbagai resep kue. Bagi yang berminat bisa mendaftar dengan menghubungi Puspita di wa.me/628127778513.

Posting Komentar

 
Top