GuidePedia

0
Sekretaris MPW PKS Kepri Suryani SE memberikan ceramah pada kajian rutin RKI Batam Kota di Perumahan Taman Raya

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, karena manusia memiliki naluri untuk hidup bersama dengan orang lain. Dan di sinilah sebagai seorang muslim kita diperintahkan untuk memberi manfaat bagi orang lain. Sebagaimana dalam Hadist disebutkan: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” (Hadits Riwayat Ath-Thabrani). 

Dan ketika kita memberikan manfaat kepada orang lain sebenarnya manfaat itu kembali kepada diri kita sendiri. "Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat,” (HR. Muslim).

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kepri, Suryani SE pada kajian rutin Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Batam Kota tentang bagaimana cara memberikan kebermanfaatan bagi orang lain, pada Ahad, 5 juni 2022 di Perumahan Taman Raya, Batam Kota. 

Suryani membagikan tips bagaimana memberikan kebermanfaatan. Dalam Al-Qur'an surat an-Nahl ayat 90 disebutkan: "Sesungguhnya Allah memerintahkan (kamu) berlaku adil dan kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi penghargaan agar kamu dapat mengambil pelajaran."

Kebermanfaatan manusia kepada manusia yang lain ada enam.

Pertama, berlaku adil kepada sesama manusia. Jangan sampai kebencian kita kepada suatu kaum menjadikan kita tidak bisa berlaku adil. "Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum, membuatmu berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. al-Maidah: 8) 

Kedua, berbuat kebajikan, seperti memberikan upah tepat pada waktunya dan memberikan kelebihan rezeki kepada orang lain yang membutuhkan. 

Ketiga, berbuat baik kepada sanak kerabat. Sedekah yang paling utama adalah kepada kerabat dekat, Hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah Saw bersabda: “Bersedekah kepada orang miskin adalah salah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua kebaikan yaitu sedekah dan silaturahmi.”

Keempat, mencegah perbuatan yang merusak di masyarakat. Hal ini menjadi tugas kita bersama bukan hanya polisi ataupun pengurus RT dan RW saja. 

Kelima, mengantisipasi perbuatan yang merusak dengan pekerjaan-pekerjaan yang mendukung, seperti mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dan membentuk pengajian-pengajian di perumahan. 

Keenam, memberikan pengajaran untuk mencegah permusuhan. Jadilah pemersatu ketika hadir di majelis-majelis ilmu, dan hindarilah adu domba.

Kajian rutin ini diadakan setiap dua bulan sekali. Kali ini dihadiri 101 peserta yang merupakan anggota RKI dari berbagai kelurahan di Kecamatan Batam Kota. 

RKI Batam Kota juga membuka pendaftaran bagi peserta yang ingin menjadi anggota baru dengan menghubungi Puspita di wa.me/628127778513.

Posting Komentar

 
Top