GuidePedia

1

SUNGAI BEDUK -- Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sungai Beduk mengajak sejumlah ibu belajar membuat kue kering di Perumahan Pondok Graha, Duriangkang, Sungai Beduk, Ahad (10/4/2022).
 
Ketua RKI Sungai Beduk, Prastiwi Ningsih mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kartini 2022 yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kebetulan peringatan Hari Kartini pada kali ini bertepatan dengan puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan biasanya kue kering menjadi salah satu makanan yang banyak dijual dan dibuat oleh para ibu. Maka, kita mencoba mengajarkan beberapa resep kue kering sederhana dan mudah dibuat," ujar Tiwi.

Dalam kegiatan ini ibu-ibu belajar membuat kue kering kacang dan kue kacang cokelat bersama Tri Winarti sebagai mentor.

Tri menyebut, bahan-bahan yang dipakai merupakan bahan sederhana yang mudah didapatkan di sekitar Sungai Beduk.
"Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kue ini sangat sederhana. Selain itu, peralatan yang dipakai dan cara membuatnya juga sangat mudah," ujar Tri.

"Ada kacang tanah kupas yang sudah disangrai sebagai bahan utama, lalu cokelat batang, tepung terigu, sedikit gula halus, margarin, telur, garam dan vanili secukupnya, lalu beberapa toping sebagai pelengkap," Tri merinci bahan untuk kedua kue.

Susi, salah satu peserta belajar membuat kue kering bersama RKI Sungai Beduk merasa takjub ketika kue kacang cokelat selesai dibuat.

"Ini adalah pengalaman pertama saya belajar membuat kue ini, biasanya saya tinggal beli yang sudah jadi," kata Susi.

"Terus terang saya agak kaget dan takjub, ternyata caranya sangat mudah dan cepat," ujarnya lagi.
Pembuatan kue kacang cokelat memang sangat mudah. Bahannya hanya cokelat batang dan kacang tanah kupas sangrai.

Kacang yang sudah dicincang kasar dicampur dengan cokelat yang sudah dicairkan, lalu dimasukkan ke dalam cetakan kertas. Tunggu sebentar sampai dingin dan cokelatnya mengeras. Kue kacang cokelat pun sudah selesai dan siap disusun di stoples.

"Saya tidak sabar mencoba membuatnya kembali di rumah," kata Susi bersemangat.

Kelas belajar pun dilanjutkan dengan membuat kue satunya. Adapun kue kering kacang juga sederhana, hanya saja perlu dipanggang dengan oven. 

Semua peserta ikut membantu membuat kue kering tersebut. Dalam waktu singkat kue keringnya pun selesai dibuat. Masing-masing peserta pun membawa pulang kue hasil belajar hari itu.

Posting Komentar

 
Top