GuidePedia

0

Tak terasa Ramadhan 1443 H sudah di ambang pintu. Butuh banyak persiapan agar puasa menjadi maksimal, baik persiapan fisik, materi maupun ilmu.

Hal tersebut disampaikan Ketua RKI Batu Aji Nuriati di Perumahan Ricci, Tanjung Riau, Sekupang, Batam dalam Tarhib Ramadhan pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Agar bisa memaksimalkan amalan, Nuriati memberikan kiat-kiat sukses menyambut bulan Ramadhan.

"Tak terasa tujuh hari lagi Ramadhan membersamai umat muslim seluruh dunia, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar Ramadhan jadi maksimal," kata Nuri.
  
Pertama, taubat dari segala kemaksiatan. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah mengatakan: "Hai orang-orang beriman, bertaubatlah kalian dengan sebaik- baiknya, sesungguhnya aku istighfar seratus kali setiap hari."

Yang kedua adalah bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Ramadhan adalah tamu istimewa, yang hadirnya membawa kado terindah di setiap sisinya. Di sepuluh hari pertama, Allah tumpahkan rahmat-Nya, di sepuluh hari kedua Allah berikan ampunan-Nya, dan di sepuluh hari terakhir Allah bebaskan dari jilatan api neraka.

Lalu yang ketiga menambah wawasan keilmuan terkait fiqh puasa. Hal ini penting sekali karena Islam sangat menganjurkan beramal ibadah disertai dengan ilmu pengetahuan.

Yang keempat, membuat target amalan Ramadhan. Misalnya membuat target khatam tilawah tiga kali, empat kali, dan sebagainya. Ditambah target amalan ibadah lain seperti shalat sunnah rawatib, infaq dan sedekah, dan lainnya.

Kiat yang kelima adalah memperbanyak amal shalih, seperti berbuat baik kepada anggota keluarga atau tetangga dengan sikap dan perlakuan yang menyenangkan.

"Kita tidak tahu dari amalan mana yang membuat kita layak mendapatkan ampunan-Nya," ujar Nuriati.

Posting Komentar

 
Top