GuidePedia

0



Beberapa hari ke depan umat Islam akan kedatangan tamu istimewa yaitu bulan Ramadhan, bulan yang mulia penuh keberkahan. Pada bulan tersebut setiap muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh agar menjadi orang yang bertakwa.


Dalam Al-Qur'an Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 Allah Swt berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa."

Dan dalam Hadits, Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Islam ialah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke baitullah jika engkau mampu memenuhi perjalannya.” (HR. Muslim)


Lalu apa sajakah yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan?

Materi tersebut dikupas tuntas oleh Evin Afenni dalam kajian Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sekupang dengan tema “Bekal Menyambut Ramadhan” di Perumahan Queen Southlink, Tiban Indah, Sekupang, Jumat, 18 Maret 2022.

Evin Afenni mengatakan, agar indahnya ramadhan bisa kita nikmati dan kemuliaan serta keberkahannya bisa kita dapatkan, ada beberapa bekal yang harus dipersiapkan dalam meyambut bulan mulia ini.

1. Memperbanyak doa dan dzikir

2. Perbanyak tilawah Al-Qur’an 

3. Menelaah buku dan mendatangi majelis ilmu

4. Menjalin silaturahmi, pererat hubungan dengan keluarga (suami, anak, dan kerabat) serta tetangga.

Kajian ini diikuti 70 ibu-ibu dari beberapa majelis taklim di sekitar perumahan, semua antusias menyimak materi yang disajikan.


Salah satu peserta bernama Warni merasa senang dengan kajian ini. Ia juga menyampaikan harapan kepada RKI.

“Alhamdulillah saya merasa senang dengan adanya kajian ini, karena bisa bersilaturrahmi antar majelis taklim, yang tak kenal menjadi kenal dan insyaAllah menjadi sahabat. Mudah-mudahan ke depannya ada (kajian) lagi dan makin semangat,” ujar Warni. 

Posting Komentar

 
Top