GuidePedia

0

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan mulia yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan. Bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh muslim di seluruh penjuru dunia, karena bulan ini memiliki berbagai keistimewaan dan berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Begitu banyaknya berkah bulan Ramadhan sehingga bulan ini disebut juga dengan syahrul mubarak. 

Seperti disebutkan dalam Hadist Rasulullah Saw. “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa pada kalian.” (HR. Ahmad, an-Nasa'i, dan al-Baihaqi)

Berkah bermakna ziyadatul khair, yang artinya bertambah kebaikan. 

Di bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaitan dibelenggu. Dibukanya semua pintu surga oleh Allah Swt agar para hamba senantiasa melakukan berbagai macam ketaatan atau amal sholih yang pahalanya dilipatgandakan dan itu menjadi kunci sekaligus pintu untuk memasuki surga. 

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Batam Kota Bersama Muharikah Romadhoniyah memberikan kajian muslimah dengan tema Menyambut Ramadhan Mulia dan Penuh Berkah kepada jamaah Majelis Taklim di Perumahan Bukit Raya, Batam Kota, pada Ahad , 20 Maret 2022.

Ramadhan akan berlalu begitu saja, dan kita akan menjadi orang yang sangat rugi jika kita tidak bisa memanfaatkan waktu yang penuh berkah itu dengan sebaik-baik amalan. 

Oleh karena itu Muharikah memberikan beberapa kiat atau cara kepada para jamaah agar bisa mencapai keberkahan Ramadhan yang mulia, yaitu dengan cara memperbaiki niat kita untuk menjadikan Ramadhan sebagai syahrul shiyam dan syahrul Qur'an.
Syahrul shiyam atau bulan untuk berpuasa, dengan cara memperbanyak latihan puasa di bulan Sya'ban dan menjalankan puasa selama bulan Ramadhan. 
 
Syahrul Qur'an atau memperbanyak membaca Al Qur'an. Targetkan minimal dua kali khatam dari target di bulan biasa. Awal-awal mungkin akan terasa capek, tetapi kelamaan akan terasa nikmat karena ada proses pembiasaan dan iman yang bertambah kuat.

Latihan untuk melakukan qiyamullail atau shalat malam, setiap hari minimal 2 rakaat sebelum sahur, dilanjutkan dengan tilawah, membaca istighfar, dan berdzikir.

Memperbanyak doa, karena doa di bulan Ramadhan adalah salah satu doa yang akan diijabah Allah Swt.

Selanjutnya, buatlah daftar (list) catatan doa-doa yang akan kita panjatkan kepada Allah Swt, doa boleh berkaitan dengan perkara dunia yang bertujuan untuk mempersiapkan akhirat kita.

Pilih salah satu ruangan di rumah kita, jadikan sebagai mushalla keluarga, tempatkan Al-Qur'an, jadwal shalat dan target ibadah sebagai pengingat.

Ajak keluarga dan anak-anak kita menghias rumah dan membuat kegiatan menyambut Ramadhan sehingga tertanam pada diri mereka bahwa bulan Ramadhan itu sangat istimewa.

Mengutip sebuah Hadits Rasulullah, Muharikah menyampaikan kepada jamaah, “Sungguh rugi sekali, orang yang menjumpai Ramadhan tapi tidak diampuni dosanya karena tidak memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan untuk berbuat amal kebajikan. Sesungguhnya indikator keberhasilan Ramadhan adalah jika amalan di bulan Ramadhan bisa dilakukan di bulan-bulan berikutnya.”

Posting Komentar

 
Top