GuidePedia

0


SEKUPANG – Ketua Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sekupang, Russinta Yuliati menjadi narasumber dalam kajian ibu-ibu Majelis Taklim al-Ihsan Perumahan Edofa Gardenia Tanjung Riau, Sekupang dengan tema “Meraih Keberkahan Ramadhan”, Sabtu (19/3/2022).


Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, sebut Yuli. Di antara keistimewaan Ramadhan adalah syahrul shiyam, yaitu bulan yang diwajibkan berpuasa dan syahrul Qur’an, bulan diturunkannya Al-Qur’an. 

Lalu di Ramadhan juga terdapat Lailatul Qadar, di mana ada malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Di bulan Ramadhan, pahala amalan dilipatgandakan pahala, juga diluaskan ampunan.

Dalam sebuah Hadits Rasulullah Saw yang artinya:

“Barang siapa (siapa pun muslim) yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan berharap pahala, maka diampuni segala dosa yang pernah ia kerjakan sebelumnya.” (HR. Bukhari)


Lantas bagaimana caranya agar dapat meraih keberkahan di bulan istimewa tersebut? 

Russinta Yuliati menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar keberkahan Ramadhan dapat diraih yaitu dengan memperbanyak ibadah terutama di malam-malam terakhir Ramadhan, mengkhatamkan Al-Qur'an, memperbanyak sedekah, dan berkumpul bersama orang-orang yang shalih.

"Jadi, agar Ramadhan ini bisa maksimal, ibu-ibu rutinkan amalan-amalan tersebut, insya Allah berkah Ramadhan kita dapatkan," ujar Yuli

Yuli menambahkan, ada ciri-ciri tersendiri bagi orang yang mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan. Makin dekat dengan Allah Swt, tawadhu dan senantiasa memberikan manfaat untuk orang di sekitarnya.

Kajian ini mendapatkan perhatian serius karena peserta ingin mempersiapkan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

 “Alhamdulillah, terima kasih RKI, atas kedatangannya yang telah memberikan kajian kepada kami," kata Seri, salah satu peserta kajian.

"Kami merasa senang, karena dapat pengetahuan tentang keberkahan Ramadhan, semoga silaturrahim tetap terjalin,” lanjut Seri.

Posting Komentar

 
Top