GuidePedia

0
Kadang kita ada yang abai, kadang merasa sudah benar dalam membaca huruf-huruf Al-Qur'an sehingga merasa tidak perlu meningkatkan kapasitas dalam membenarkan bacaan.

Rumah Keluarga Indonesia Kecamatan Batam Kota menyadari hal tersebut dan menginisiasi adanya pelatihan bagaimana membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Hari Ahad, 18 April 2021 Ustazah Afifatun Nisa, Lc. dan tim dari Rumah Sahabat Qur'an di Batam Centre membimbing "Pelatihan Membaca Surah Al-Fatihah" yang diikuti oleh dua puluh lima ibu-ibu di Batam Kota.

Acara dibuka dengan tilawah Al-Qur'an dan prolog kegiatan RKI Batam Kota yang disampaikan oleh drg. Puspitasari Dwikursanti.

"Kegiatan RKI Kecamatan Batam Kota sudah berjalan dengan berbagai pelatihan, RKI akan terus memberikan yang terbaik untuk ibu-ibu semua dan semoga kegiatan bisa ditularkan ke perumahan yang lain," urai Dokter Puspita.

Agenda dilanjutkan dengan materi oleh Ustazah Afifah yang menyampaikan Hadits Nabi tentang keutamaan Al-Fatihah.

"Tidak sah salat seseorang tanpa membaca Surah Al-Fatihah, Al-Fatihah dibaca setiap rakaat salat. Al-Fatihah adalah Ummul Kitab, ketika bacaan kita benar dan faham akan maknanya, maka kekhusyukan salat akan kita dapatkan," ungkap Ustazah Afifah

"Begitu pentingnya Surah Al-Fatihah bagi ummat Islam, maka wajib bagi kita untuk terus belajar memperbaiki bacaan dan memahami makna dari Surah Al-Fatihah," lanjutnya.
Ustazah Afifah menjelaskan tentang makharijul huruf, sifat huruf, dan makna Surah Al-Fatihah, serta kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ibu-ibu kebanyakan.

Kemudian peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing didampingi tim pembina untuk talaqqi menyetorkan bacaan. 

Peserta antusias bertanya untuk menggali pemahaman Surah Al-Fatihah. Waktu belajar dari pukul 09.30 sampai 12.00 rasanya tidak cukup. 

"Semoga ke depan akan ada pelatihan seperti perbaikan bacaan sholat dan yang lainnya," harap seorang ibu peserta pelatihan.(ty/rf)

Posting Komentar

 
Top