GuidePedia

0

PKS Kepri
-  Ketua Pengadilan Agama (PA) Kota Batam Drs. Syarkasyi, MH menyampaikan harapannya kepada PKS, agar dapat menjembatani berbagai problematika keummatan. Hal ini diungkapkannya saat silaturahim Pengurus PKS Batam dan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batam ke Kantor Pengadilan Agama Kota Batam di Sekupang, Jumat (26/2/2021).

"Mudah-mudahan PKS bisa menjadi jembatan dan solusi terkait permasalahan keummatan," harap Syarkasyi. 

Dia juga berharap agar PKS dapat mendukung diadakannya penjadwalan Sidang Terpadu Pengadilan Agama bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Kementrian Agama agar dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah ummat, pernikahan, dan terkait buku nikah dan sinkronisasi pada data kependudukan.

Sidang terpadu ini, lanjut Syarkasyi, sebagaimana digelar di daerah lain, difasilitasi oleh pemerintah setempat, sebagai langkah aktif dan preventif dalam menyelesaikan problematika di masyarakat. Hal tersebut juga dalam rangka menjalankan amanat negara, agar setiap WNI yang menikah mempunyai Buku Nikah sebagai bukti sah dan tercatat.

Ketua DPD PKS Kota Batam Yusuf, S.Mn, MM yang juga Anggota DPRD Provinsi Kepri Komisi IV menyampaikan bahwa PKS membuka kerja sama dengan berbagai pihak, yang dalam hal ini Pengadilan Agama. 

"PKS dan Pengadilan Agama dapat bersinergi dalam menyelesaikan masalah dan berbagai hal yang menyangkut keummatan," sebutnya. 

Yusuf menyambut baik dan merespon harapan-harapan yang disampaikan Ketua PA Batam dan menjadikan beberapa catatan dari kunjungan ini untuk ditindaklanjuti.

Kata Yusuf, "Masih melekatnya stereotip di masyarakat tentang PA yang dianggap hanya menyelesaikan urusan perceraian saja, merupakan masalah tersendiri. Padahal peran PA sebenarnya sejajar dengan Pengadilan Negeri yang perlu dimaksimalkan."


Dalam pertemuan akrab ini diwarnai tanya jawab dan diskusi yang berlangsung hangat.

Sekretaris DPD PKS Kota Batam Warya Burhanuddin, A.Md membuka pertemuan dengan perkenalan Pengurus PKS dan Platform Partai. Ketua Dewan Etik Daerah PKS Kota Batam Amri Bedu yang juga politisi senior PKS Kepri memberikan berbagai masukan dan nasihat, menyampaikan bahwa silaturahim ini sebagai semangat Islam.

Tingginya angka perceraian di Batam, menjadi catatan penting bagi Ketua Fraksi PKS Rohaizat, ST, MT yang juga hadir, untuk dikolaborasikan dengan salah satu bidang di PKS yaitu Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK). Bidang ini mengakomodir dan mengadvokasi hak-hak perempuan dan bagaimana mengokohkan keharmonisan dan ketahanan dalam keluarga agar dapat menurunkan persentase berbagai permasalahan keluarga.

Turut hadir Ketua Bidang Humas PKS Batam Ilham, yang mendiskusikan pentingnya data dan informasi dari PA agar dapat diakses oleh pihak terkait seperti BPKK di PKS, agar dapat digunakan sebagai rujukan dan bekal dalam mengedukasi masyarakat.

Sedangkan dari tuan rumah yang turut mendampingi ketua yaitu Sekretaris PA Samsir Toona dan Hakim PA Hj. Hasnidar yang mengungkap beberapa detail kasus yang terjadi di Batam. (mij)

Posting Komentar

 
Top