Jangan Merayakan Liburan UPA

Ilustrasi agenda UPA bersama dalam bentuk piknik keluarga/dok.dayat

Maka jangan liburkan , karena kita tengah membina diri bersama-sama. Kita tengah menyatakan cinta, kesetiaan dan kesungguhan.

Apakah kita lelah dari sehingga perlu istirahat? Apakah bosan membina diri sehingga perlu liburan? Apakah jenuh dari keterikatan sehingga perlu dirampungkan?

Sungguh tak ada tempat bagi kita untuk istirahat di muka bumi ini. Istirahat yang sesungguhnya adalah ketika kita telah berada di surga.

سئل الإمام أحمد بن حنبل : متى الراحة يا إمام ؟ فأجاب : عند أول قدم تضعها في الجنة .

Imam Ahmad bin Hanbal pernah ditanya, “Wahai Imam, kapankah waktu istirahat?” Beliau menjawab, “Istirahat yang sesungguhnya ialah pada saat engkau pertama kali menginjakkan kaki di dalam surga.”

Seorang penyair mengatakan,

ولو أنا إذا متنا تُركنا ** لكان الموت راحة كل حي

“Sekiranya kita telah mati lalu dibiarkan begitu saja tanpa perhitungan dan pembalasan amal, niscaya kematian menjadi istirahat bagi setiap orang yang masih hidup”.

ولكنا إذا متنا بُعثنا ** ونُسأل بعدها عن كل شي

“Kenyataannya, setelah mati kita akan dibangkitkan dan dimintai pertanggungjawaban atas segala hal yang pernah kita lakukan di dunia.”

Seorang laki-laki bertanya kepada Hasan Al-Bashri, “Apakah Iblis itu tidur?” Hasan Al-Basri menjawab, “Seandainya iblis tidur, niscaya kita bisa istirahat.”

Nyatanya iblis tak pernah tidur. Nyatanya kita akan dihisab di hari pembalasan. Nyatanya dunia adalah lahan ujian.

Maka kita perlu kebersamaan. Membina diri, menempa diri, menguatkan diri yang sangat lemah ini, secara bersama-sama. Itulah .

Nikmati kebersamaannya.

Sudah lama saya ingin menuliskan ini, tapi khawatir disalahpahami. Saya tulis setelah mulai diaktifkan lagi.***

Laman: 1 2

Tags: , ,